Mempercantik penampilan rumah merupakan hal yang sering di lakukan oleh kebanyakan orang untuk membuat sebuah hunian menjadi nyaman . Itulah yang menjadi gagasan terbaru bagi para penggiatan tanaman untuk membuat inofasi terbaru , dan tercetuslah tehnik tanam tabulampot .

Banyak sekali keuntungan yang mampu di raih dari budidaya tabulampot , salah satunya adalah tanaman tabulampot dapat memproduksi buah dan dapat juga di jadikan Tanaman Hias . ” Namun apakah anda tahu apa yang di maksut dengan tabulampot ? ”

Tabulampot sebenarnya merupakan singkatan dari ” Tanam Buah Dalam Pot ” dimana semua jenis tanaman yang lazimnya di tanam pada tempat – tempat luas seperti kebun , taman dan lain sebagainya kini di modifikasi untuk dapat di tanam pada media pot / polybag .

banyak sekali keuntungan yang dapat di raih dari tehnik tabulampot ini . Beberapa keuntungan atau kunggulan dari tehnik tanam tabulampot ini diantaranya adalah :

1 . Memiliki ukuran yang ideal .

2 . Dapat memproduksi buah dalam waktu singkat .

3 . Letaknya dapat di pindah – pindahkan .

4 . Dapat di jadikan sebagai tanaman hias .

Sebenarnya masih banyak lagi kentungan yang mampu di raih dari tehnik tanam tabulampot ini , jika anda tidak mempercayainya silahkan  anda coba sendiri untuk budidaya tanaman buah dengan menggunakan tehnik ini .

Tanaman Tabulampot Yang Sering Di Budidayakan

Sebelum memulai budidaya , alangkah lebih baiknya jika anda juga mengetahui tanaman apa saja yang bisanya di tanam menggunakan tehnik ini . Berikut ini merupakan tanaman yang biasa di budidayakan menggunakan tehnik tabulampot .

1. Buah Jeruk

Tanaman ini sangat cocok untuk di budidayakan menggunakan tehnik tabulampot . ” Kenapa demikian ? ” jawabnyanya sangat mudah dan sederhanya ” Tanaman jeruk pada umumnya memiliki ukuran tanaman yang cukup mini jika di bandingkan dengan tanaman yang memproduksi buah lainya , sehingga jika tanaman jeruk di tanam pada media tanam pot akan memberi kesan bawah tanaman tersebut merupakan tanaman hias yang di mapu menghasilkan buah ” . Cukup realistis bukan , namun untuk mendapatkan ukuran tanaman yang ideal perhatikanlah dalam pemilihan bibit dan juga perwatan tanaman jeruk ini .

2. Buah Mangga

Sama seperti tanaman buah jeruk , sebelum anda menanam pohon mangga dalam pot pastikan anda juga menggunakan bibit mangga pilihan yang sudah mengalami proses pencangkokan supaya nantinya pohon mangga akan mempu menghasilkan buah dalam ukuran tanaman yang tidak terlalu besar . Selain itu keuntungan lain menggunakan bibit buah mangga cangkok adalah pohon buah mangga tidak akan memiliki ukuran yang besar layaknya buah mangga pada umumnya .

3. Cebe Pelangi

Cabe pelangi juga sering di tanam menggunakan tehnik tabulampot . Ini sangatlah wajar mengiat cabe pelangi memiliki warna buah yang berneka ragam sehingga tanaman ini juga termasuk kedalam tanaman hias . Tidak ada tehnik khusus dalam menanam cebe pelangi di dalam pot karena pada dasarnya pohon cabe tidak dapat tumbuh besar seperti pohon mangga ataupun jeruk .

4. Kedondong

Tanaman kedongdong sewajarnya memiliki ukuran tanaman yang memang sagat besar . Namun ini tidak menghalangi beberapa orang peneliti tanaman hias untuk membuat tanaman menjadi tanaman kerdil . Tips untuk anda yang ingin menanam kedongdong untuk di jadikan tanaman tabulampot , anda di wajibkan untuk belajar terlebih dahulu tehnik Bonsai Buah supaya tanaman kedongdong tidak akan tumbuh besar seperti pada umumnya .

5. Buah Naga

Jika biasanya buah naga di tanam pada areal perkebunan dan sebagainya . Kali ini anda harus tahu bahwa sudah banyak orang yang sudah mengaplikasikan buah naga untuk ditanam pada media pot . Beberapa keuntungan juga dapat di raih dari budidaya buah naga menggunakan tehnik tabulampot . Beberapa keuntungan ini diantaraya adalah meningkatkan hasil panen , tidak memakan banyak tempat , dapat di pindah – pindahkan , dan bisa dijadikan tanaman hias .

Categories: Gaya Hidup