Burung Kecil Suara Merdu

5 Jenis Burung Kecil Suara Merdu yang Populer di Indonesia

Posted on

Sedang mencari Burung Kecil yang memiliki Suara Merdu? Tenang guys, karena dibawah ini saya akan membagikan daftar nama burung mungil dengan suara yang indah.

Meski bertubuh kecil, beberapa jenis burung pengicau dibawah ini memiliki suara kicau yang mantap. Bahkan tak kalah indah dari burung pengicau yang bertubuh besar. istilahnya, kecil-kecil cabe rawit.

Seperti apa burungnya? silahkan simak berikut ini.

Burung Kecil Suara Merdu

1. Burung Pleci

Pleci atau yang dikenal dengan burung kecamata merupakan jenis burung pengicau yang termasuk dalam keluarga Zosteropidae.

Burung pleci memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil, panjang tubuhnya hanya sekitar 8-15 cm (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor).

Di alam liar, burung pleci sering terlihat hidup dengan berkelompok. Makanan utamanya berupa serangga, buah dan terkadang nektar.

Meski pleci memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun suara burung pleci tidak perlu diragukan lagi, berirama cepat, rapat dan melengking.

Suara pleci juga sering dijadikan untuk suara isian burung pengicau jenis lain seperti kacer, murai batu, dll.

2. Burung Tledekan

Burung kecil suara merdu yang kedua, yaitu Burung tledekan atau juga dikenal dengan beberapa sebutan seperti burung sulingan dan burung sikatan.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, rata-rata burung sikatan/tledekan memiliki panjang tubuh 14-15 cm dengan berat 16-22 gram.

Selain memiliki suara yang merdu, burung tledekan juga memiliki warna bulu yang indah.

Kedua hal tersebutlah yang membuat para kicaumania tertarik untuk memelihara burung mungil ini.

Selain tersebar luas di Indonesia, Tledekan juga terdapat di berbagai negara lain, diantaranya Kamboja, Nepal, India, Thailand dan  Cina Barat Daya.

3. Burung Kolibri

Siapa sih yang kenal dengan burung kolibri? Burung kecil cantik yang memiliki suara menarik ini sangat populer dengan sebutan burung madu.

Burung kolibri disebut dengan burung madu karena makanan utamanya berupa madu atau nektar bunga.

Kolibri memiliki tubuh yang kecil, dengan panjang tubuh hanya sekitar 6 cm. Meski tubuhnya kecil, kolibri juga dikenal sebagai burung penerbang ulung. Hal ini karena gerakan sayapnya sangat cepat, dalam satu detik saja kolibri mampu mengepak sayap 12-80 kali kepakan.

Selain memiliki suara yang merdu, burung kolibri juga memiliki warna metalik yang unik.

4. Burung Prenjak

Jensi burung kecil bersuara merdu selanjutnya yaitu burung prenjak. Saya yakin semua orang Indonesia pasti mengenal burung yang satu ini.

Pada tahun 90’an, prenjak merupakan burung biasa yang hidup disekitar pemukiman dan tidak memiliki nilai ekonomis.

Namun saat ini prenjak menjadi salah satu burung kicau yang cukup diminati.

Kenapa? tak lain karena suara prenjak yang cepat, rapat dan nyaring lah yang membuat banyak kicaumania terpikat.

5. Burung Kenari

Para kicaumania pasti sudah tidak asing lagi dengan burung kenari. Yups, kenari merupakan salah satu burung kicau paling populer di Indonesia. Bahkan, popularitas kenari hampir mendekati burung kacer..

Burung kenari berasal dari Kepulauan Canary yang termasuk wilayah Spanyol.

Ada banyak jenis burung kenari di Indonesia, karena selain ras asli, pada pembudidaya lokal kerap kali mencetak jenis kenari untuk mendapatkan jenis yang berkualitas super.

Untuk kualitas suara burung kenari tak perlu diragukan lagi, karena kenari salah satu jenis burung yang banyak dibuka kelas kontesnya.

Demikianlah beberapa jenis burung kecil suara merdu yang bisa saya tuliskan kali ini. Semoga daftar jenis tersebut bisa menjadi referensi sobat yang sedang mencari burung kecil dengan suara yang ciamik.