Sekarang ini, burung Lovebird baby atau biasa juga disebut balibu yang berusia di bawah 5 bulan makin di minati oleh para Lovebird mania. Ada pun sebagian dari Event Organizer atau EO yang menyebutkan bahwa kelas Lovebird bawah lima bulan ini ialah kelas Lovebird Paud. Kelas Lovebird balibu ini menjadi penting keberadaannya, sebab pada kelas ini dapat menjadi Kawah Candradimuka agar mengasah mental burung ketika dewasa nanti. Ternyata tidak semua orang tahu bahwa suara burung lovebird bisa di setarakan dengan burung Murai Batu. Jadi, tak heran jika kelas Lovebird selalu di penuhi oleh orang-orang yang penasaran ingin melihat kehebatannya.

Lalu, bagaimana cara memilih Lovebird anakan kemudian melatih Lovebird baby agar memiliki mental juara? Berikut ini penjelasan tips memilih Lovebird balibu yang tepat.

Memilih Lovebird Balibu yang bagus

Pehatikan kesehatan Lovebird anakan, hal yang harus Anda perhatikan yakni kesehatan burung tersebut. Kesehatan dapat di lihat dari kelincahan, warna bulu yang mengkilap dan dari pandangan mata burung. Bila pandangannya sayu dan sering tidur-tiduran, maka bisa di pastikan burung tersebut kurang sehat. Pilih burung yang sorotan matanya tajam.

Burung Lovebird yang bagus mempunyai leher yang panjang dan bulu sayap selalu mengapit rapat. Secara fisik cara memilih Lovebird anakan yaitu dengan bentuk paruh yang pangkalnya panjang, lebar, tebal dan besar. Pilih Lovebird anakan yang memiliki kepala besar, sebab kepala besar salah satu ciri burung yang metal bagus untuk dilombakan.

Dan ketika Anda memutarkan suara panggilan rekaman mp3, Pilihlah burung anakan yang menyahut lebih kencang. Bisa dipastikan burung anakan tersebut Lovebird baby yang bagus dan bermental juara.

Pemeliharaan Lovebird Balibu Supaya Mempunyai Mental Jawara

Cara memilih Lovebird anakan yang bagus pun tidak akan berguna bila pemeliharaannya tidak tepat. Peliharalah Lovebird anakan dalam kandang battery selama 2-3 minggu pertama. Buatlah tenggeran di dekat wadah pakan dan air minum. Tujuannya untuk melatih burung lebih banyak bergerak dan aktif mengambil minum dan makan.

Secara otomatis akan melatih otot dan dadanya, sehingga pernapasannya jadi lebih panjang. Setelah itu, Lovebird baby bisa di pindahkan ke sangkar bulat yang seperti biasa. Tapi, penggunaan kandang battery bisa di gunakan di hari lain. Kandang battery dapat difungsikan untuk kandangan umbaran minimalis.

1. Pemilihan Pakan Lovebird Balibu

Cara memilih Lovebird anakan yang bermental jawara harus di beri pakan harian, berikanlah milet putih dengan jagung manis yang masih muda. Sekitar 2-3 kali seminggu Lovebird baby di berikan pakan extra fooding, misalnya egg food untuk meningkatkan stamina balibu, kangkung segar, biji kuaci sekitar 5-6 biji kuaci yang telah di lepas kulitnya.

2. Memandikan Lovebird Balibu

Untuk pemandian burung anakan bisa mandi di bak kecil dalam sangkarnya. Dengan mandi yang rutin sangat menbantu Lovebird baby mengolah nafas dan suaranya. Kemudian lakukan pengeringan di bawah sinar matahari. Penjemuran secara rutin, teratur dan durasi yang tepat membuat Lovebird balibu terpancing untuk berbunyi.

3. Melatih Mental Lovebird Balibu

Cara sederhana untuk melatih mental burung Lovebird baby ialah dengan mengantungkan sangkar burung di tempat yang berisik atau ramai, bisa juga di gantungkan dengan burung lain yang senang berkicau. Seperti burung kenari, cililin, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa tips sederhana cara memilih Lovebird anakan dan memelihara serta melatih burung Lovebird balibu atau Lovebird baby yang harus Anda perhatikan dan untuk semua pencinta burung peliharaan.

Categories: Binatang