Cara Merawat Ikan Lele

Cara Merawat Ikan Lele Agar Tidak Mati Untuk Pemula

Posted on
Cara Merawat Ikan Lele
Cara Merawat Ikan Lele untuk pemula

Cara Merawat Ikan Lele Agar Tidak Mati Untuk Pemula – Saat ini ikan lele merupakan salah satu usaha sampingan yang sangat luar biasa hasilnya, seperti yang sudah kita ketahui bahwa permintaan pasar dengan ikan lele ini sangat tinggi, maka dari itu banyak sekali peternak lele yang ada di negara kita ini.

Untuk merawat ikan lele memang gampang-gampang susah, namun perlu diketahui semua itu pasti ada ilmunya, baik dari cara menetaskan sampai memeliharanya, untuk cara perawatan anakan sudah kami bahas pada artikel sebelumnya yaitu : cara merawat telur lele sampai menetas.

Nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara agar ikan lele tidak mudah mati untuk pemula yang masih baru belajar menernak ikan lele, semakin kecil ukuran benih lele maka akan semakin besar pula resiko akan kematiannya, untuk perawatnnya juga harus lebih ektra, untuk melakukan pembesaran lele maka ambillah benih lele dengan ukuran 5-6 cm.

Mempersiapkan Kolam Lele Sederhana

Mempersiapkan kolam adalah kunci utama keberhasilan anda dalam melakukan pembesaran lele, isilah kolam tersebut dengan air dan berikan beberapa pohon pisang dan endapkan selama 1 minggu sebelum penebaran benih, arinya bikin sedang saja ya sekitar 60cm lah, berilah pelingdung di atas kolam agar suhu dalam air tetap stabil.

Pada saat musim panas suhu air akan meningkat, inilah yang sering tidak di hiraukan oleh pemula, suhu air sangat mempengaruhi kelangsungan hidup ikan lele, jika terlalu panas maka benih akan cepat mati dengan ditandai melepuh dan juga merah-merah pada bagian ekornya, dengan pertumbuhan lele yang semakin besar maka folume air juga harus di tambah, sesuaikan dengan ukuran lele.

Mempersiapkan Bibit Dan Penebaran

Bibit lele yang baik akan menentukan baik atau tidak nya panen yang akan anda dapatkan, pilih ukuran lele yang sedang, ini juga sering di abaikan oleh peternak, tidak memperhatikan ukuran lele, dalam dunia asalnya lele adalah pemakan apa saja dan juga dapat memakan temannya sendiri, serem banget kan, apa lagi kalau ukurannya tidak sama yang kecil maka akan menjadi kanibalan yang ukuran besar.

Kesehatan bibit juga harus di perhatikan, jika terasa kurang sehat maka pilih dan pindahkan yang tidak sehat ke kolam yang lain dan rawat sampai sehat, untuk lele yang sehat maka silahkan tebar pada pagi atau sore hari, ini lah waktu yang sangat pas untuk menebaran, karena pada wajtu tersebut suhu air terbilang stabil dan tidak akan membuat ikan lele stress dan mati.

Memberikan Pakan

Setelah penyebaran lele dikolam tadi, diamkan selama satu hari biarkan lele puasa dulu dan dapat beradaptasi dengan kolam barunya, berikan pakan 3 kali sehari, pagi siang dan sore, lakukan dengan rutin agar lele dapat tumbuh dengan sempurna, perhatikan pakan yang telah di berikan, jika ada yang masih mengambang maka bersihkan, dan besoknya kurangi porsi makannya, jika sudah 3 hari dan diberikan pakan yang sama dan ternayata habis maka berikan pakan sesuai dengan kebutuhan, karena lele sudah siap untuk beradaptasi di tempat barunya.

Baiklah demikian sedikit penjelasan yang dapat saya berikan kepada anda, semoga apa yang saya bagikan ini dapat memberikan sedikit ilmu dan juga pengalaman dan semoga bermanfaat, sampai jumpa kembali pada artikel lainnya.

Cara Merawat Ikan Lele Agar Tidak Mati Untuk Pemula