Sunnah Setelah Shalat – Hal yang dilakukan setelah shalat fardhu berjamaah di masjid sesuai sunnah itu ada 3 dan bisa kita amalkan, dan semua amalan tersebut berdasarkan dari sifat shalat nabi.

Teman teman muslimin dan muslimah, setelah kita melaksanakan shalat fardhu di masjid secara berjamaah ada amalan yang bisa kita kerjakan sebelum kita meninggalkan tempat duduk kita. Dan antara lain kita bisa mengamalkan beberapa amalan sunnah sebagai berikut.

Sunnah Setelah Shalat Dalam Kitab Sifat Shalat Nabi

 

1. Membaca Dzikir Setelah Shalat

Amalan yang satu ini sudah pernah kami bahas pada pertemuan sebelumnya, karena pembahasannya yang cukup panjang, silahkan teman teman baca saja pada artikel kami yang berjudul ” dzikir setelah shalat “.

Selain itu, bacaan dzikir juga merupakan cara menenangkan jiwa dan fikiran yang sedang gelisah.

2. Shalat Sunnah Ba’diyah

Ada amalan shalat sunnah ketika kita selesai mengerjakan shalat fardhu, dan yang menjadi catatan ketika kita hendak mengerjakan amalan ini adalah kita di sunnahkan untuk berpindah tempat/bergeser dari tempat kita mengerjakan shalat fardhu, ini berlaku jika kita hendak melaksanakan shalat sunnah ba’diyah dimasjid.

Dan yang paling afdhol dalam melaksanakan amalan shalat sunnah ba’diyah ini adalah dikerjakan di rumah. Tujuannya adalah untuk saksi akan perbuatan baik kita kelak dihari kiamat/pembalasan. Dan sesuai dengan bunyi salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari yang artinya sebagai berikut.

” Shalatlah kalian hai sekalian manusia di rumah kalian masing masing. Karena sebaik-baik shalat kalian ialah shalat di rumahnya masing masing selain dari shalat wajib.” (Hadits Riwayat Bukhari nomor 731).

Dari hadits diatas sudah sangat jelas disebutkan sebaik baik shalat sunnah adalah shalat yang dikerjakan di rumah. Dan untuk dalil berpindah tempat ketika hendak mengerjakan shalat sunnah di masjid setelah mengerjakan shalat wajib/fardhu adalah seperti hadits yang diriwayatkan oleh muslim berikut ini yang artinya.

” Janganlah (kalian) menyambung satu shalat dengan shalat lainnya, sebelum kita berbicara atau berpindah dari tempat shalat (yang baru saja dikerjakan) .” (Hadits Riwayat Muslim nomor 883).

3. Di Sunnahkan Mengakhirkan Keluar Dari Masjid

Dalam sunnah yang ini kita dianjurkan atau disunnahkan untuk keluar terakhir ketika shalat berjamaanh di masjid yang di dalamnya juga ada jamaah wanita, dan mendahulukan para wanita untuk keluar dari masjid terlebih dahulu karena ditakutkan akan Ikhtilath yang artinya berbaurnya antara laki laki dan perempuan yang dapat menimbulkan kerusakan.

Hal ini berdasarkan dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari yang artinya sebagai berikut.

” Rasulullah S.A.W ketika salam dari shalatnya, para jama’ah wanita pada waktu itu berdiri. Beliau Shallallahu’alaihi Wa Sallam tetap duduk di tempat duduk beliau dalam waktu yang sebentar sebelum Beliau beranjak. Kami menyaksikan [wallahu a’lam] hal itu dilakukan agar wanita bubar (keluar dari masjid) terlebih dahulu sebelum mereka berpapasan dengan para laki laki.” (Hadits Riwayat Bukhari nomor 870).

Baik teman teman semuanya, demikian tadi pemabasan kita tentang sunnah setelah shalat fardhu yang bisa kita pelajari saat ini, semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat serta bisa mengamalkannya dalam keseharian kita semua, dan semoga kita di istiqomahkan dalam hal tersebut.

Categories: Gaya Hidup