Patentssearcher.com – Memiliki lahan kosong depan rumah membuat sebagian orang ingin menanaminya dengan berbagai tanaman hias.

Selain menjadi taman yang indah, rumah juga akan terlihat lebih asri dengan adanya tanaman hias disekitarnya.

Namun perlu diketahui, merawat tanaman hias itu gampang-gampang susah. Gampang bagi yang sudah berpengalaman, namun susah bagi yang kurang telaten.

Ketidak telatenan tersebut biasanya karena kesibukan atau hal lain yang menyebabkan tidak adanya waktu untuk mengurus tanaman.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi tentang jenis tanaman hias yang mudah dirawat, bahkan untuk seorang pemula.

Tanaman Hias yang Mudah Dirawat

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang yang cocok untuk kalian yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusnya.

1. Bunga Tapak Dara

Bunga Tapak Dara

Bunga Tapak Dara merupakan bungan yang berasal dari Madagaskar namun sudah menyebar ke daerah tropikal lain, seperti Indonesia.

Di Indonesia, Bunga Tapak Dara sering dijadikan sebagai penghias halaman rumah. Namun karena suku dan budaya di Indonesia sangat beragam, ada  aneka macam sebutan untuk jenis bunga ini, diantaranya kembang tembaga (bahasa Sunda), kembang tapak dårå (bahasa Jawa) dan sindapor (Sulawesi).

Bunga Tapak Dara adalah jenis bunga yang mudah tumbuh didataran rendah hingga ketinggian 800 mdpl. Selain itu, perawatannya pun gak perlu yang neko-neko, pokoknya cocok untuk orang sibuk 😀

2. Bunga Melati

Tanaman Hias Bunga Melati

Melati merupakan tanaman hias berbatang tegak yang hidup menahun. Bunga Melati memiliki aroma wangi yang sangat khas. Di Indonesia, bunga Melati Putih dipilih sebagai Puspa Bangsa atau Simbol Nasional karena bunga ini kemurnian dan kesucian.

Bunga melati juga termasuk jenis tanaman hias yang mudah tumbuh, perawatannya juga sangat gampang. Selain itu, aroma wanginya juga membuat udara disekitarnya segar untuk dihirup.

3. Bunga Kemuning

Bunga Kemuning

Kemuning memiliki nama ilmiah Murraya paniculata merupakan tumbuhan tropis dari keluarga Rutaceae yang berbunga sepanjang tahun.

Tumbuhan Kemuning sering dijadikan sebagai tanaman hias sekitar rumah karena memiliki bunga putih yang harum. Selain itu, Kemuning sangat mudah tumbuh dan perawatannya tidak perlu intensif, cocok untuk kalian yang tidak memiliki banyak waktu.

4. Bunga Bougenville

Bunga Bougenville

Bunga Bougenville atau yang lebih dikenal dangan bungan kertas / kembang kertas sangat mudah ditanam dan dirawat.

Umumnya bungan ini susah untuk tumbuh tegak, keindahannya terletak pada warna bunga yang cerah.

Asal usul Bunga Bougenville yaitu berasal dari Amerika Serikat. Disebut bunga kertas karenan kelopak bunga yang tipis dan ketika dipegang terasa seperti keratas.

Ada banyak jenis Bunga Bougenville, ada yang berwarna ungu, merah, kuning, putih, dll. Jenis-jenis tersebut bisa sambung pucuk dengan mudah, manfaat sambung pucuk bunga kertas yaitu satu pohon bisa memiliki beberapa warna bunga.

5. Bunga Amarilis

Bunga Amarilis

Tanaman hias yang mudah dirawat selanjutnya yaitu Bunga Amarilis. Bunga Amarilis memiliki bunga yang berwarna indah sehingga cocok digunakan sebagai tanaman penghias taman.

Selain memberikan kesan indah, ternyata bunga ini juga memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk. Woww…keren kan? hehe

Demikianlah 5 jenis tanaman hias yang tidak membutuhkan perawatan ekstra, sangat cocok untuk kalian yang sering sibuk. Sekiandari saya, sampai jumpa diartikel berikutnya.

Categories: Gaya Hidup