Tips Mudah Mengajarkan Al Quran Kepada Anak – Dizaman yang serba canggih seperti saat sekarang ini sangat mudah sekali untuk kita mendapatkan tips tips seputar menarik minat anak agar gemar membaca Al Quran. Dan banyak situs situs Al Quran online yang menyediakan bacaan arab, latin dan terjemahan serta dilengkapi audio sehingga dapat mempermudah dan lebih menarik minat sang anak.

Nah, selain itu peran dari pendidik sangatlah penting dalam proses melatih minat anak.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk membagikan beberapa metode mengajarkan Al Quran kepada anak. Dan metode yang akan kami bagikan adalah metode talkin (menuntun).

Metode Mengajarkan Al Quran Pada Anak (Talkin)

Al Quran adalah kitab suci yang sangat mulia dan agung, ketika kita membaca bacaan Al Quran maka pahala yang akan kita dapat.

Dan dari keutamaan Al Quran terebut maka sudah sepantasnya kita senantiasa mengajarkan Al Quran tersebut kepada Anak Anak muslim agar kelak ketika dewasa sang anak mempu untuk membaca dan mengamalkan apa yang telah Allah Ta’ala perintahkan melalui Al Quran, karena sejatinya Al Quran merupakan Al Huda atau petunjuk.

Berikut ini metode talkin dalam mengajari Anak Al Quran.

1. Membimbing Anak Untuk Memusatkan Perhatiannya

Sebelum kita mengajarkan anak untuk meniru apa yang pengajar ajarkan, maka kita sebagai pengajar wajib untuk menginatkan sang anak agar memusatkan perhatiannya kepada kita.

Tujuannya adalah agar sang anak bisa dengan baik menyimak apa yang pengajar ucapkan dan bisa menirukan bacaannya dengan baik mulai dari makhrojul huruf sampai dengan tajwidnya.

Dan tujuannya lainnya adalah agar anak bisa lebih khusyuk hatinya dalam mempelajari Al Quran.

2. Memberikan Motivasi Kepada Sang Anak

Agar minat sang anak semakin kuat untuk mempelajari Al Quran, kita harus memberikan kata kata penyemangat untuk si anak.

Misalnya tentang pahala yang akan didapat jika membaca Al Quran dan lain sebainya, yang terpenting adalah kata kata penyemangat tersebut mampu memicu minat anak lebih tinggi.

3. Mengulang-ulang Bacaan Di Depan Anak

Seorang anak kecil memiliki daya ingat yang luar biasa jika kita pelajari, namun daya ingat tersebut masih lemah jika tidak kita kuatkan setiap harinya.

Untuk itu agar anak bisa mengingat dengan baik apa yang pengajar ajarkan mengenai bacaan Al Quran adalah dengan membacakannya berulang kali didepan sang anak.

Tujuannya adalah melatih ingat sang anak agar lebih tajam lagi.

4. Membaca Bacaan Al Quran Secara Bersamaan Dengan Sang Anak

Tujuan dari point yang ke-empat ini adalah untuk melatih kelancaran bahasa arab anak.

Kita meminta kepada sang anak agar menirukan bacaan Al Quran dari pengajar secara pelan pelan.

Ini merupakan salah satu metode talkin yang sering dilakukan.

5. Membenarkan Bacaan Sang Anak

Yang namanya seorang anak pasti akan mengalami kesalahan ketika menirukan bacaan dari kita (pengajar), untuk itu kita wajib membenarkan bacaan dari sang anak.

Ini dilakukan seiring dengan point nomor empat.

Tujannya adalah agar anak bisa mengerti kesalahan dalam membaca Al Quran.

6. Menyuruh Anak Untuk Membaca Sendiri

Setelah sulesai pada tahapan nomor 4 dan 5, maka selanjutnya kita menyuruh anak agar membaca bacaan Al Quran tersebut secara mandiri.

Dan disamping itu kita wajib mendampingi bacaan Al Quran sang anak dan membenarkan bacaan bacaan yang salah.

Ini tujuannya adalah agar anak lebih cepat bisa dalam membaca dan juga untuk mengenalkan huruf huruf arab kepada sang anak.

7. Berdiskusi Mengenai Makna Ayat Yang Dibaca

Agar pemahaman sang anak semakin dalam lagi, ketika selesai mempelajari suatu ayat maka kita bisa berdiskusi dengan anak mengenai makna dari ayat yang sudah dibaca.

Latihan ini dimaksutkan agar sang anak mengerti dan bisa mengamalkan kandungan ayat Al Quran itu kelak ketika dia mampu untuk melakukannya.

Dan pada usia anak, kita harus bisa menyesuaikan bahasa untuk memahamkan makna ayat tersebut yakni dengan bahasa bahasa yang ringan.

8. Memiliki Targetan

Agar anak cepat dalam mempelajari Al Quran, maka kita sebagai pengajarnya harus memiliki targetan untuk sang anak.

Misalnya dalam sehari kita harus menuntun anak membaca beberapa ayat yang sudah kita targetkan secara berulang ulang, tidak hanya sekali saja.

Tujuannya adalah agar anak bisa lebih paham akan ayat tersebut dan membiasakan anak agar tidak sekedar membaca Al Quran saja melainkan membaca dan memahami makna ayat tersebut yang dibaca.

9. Senantiasa Mendampingi Bacaan Anak

Setelah anak bisa untuk membaca Al Quran walaupun secara terbata bata, maka kita wajib untuk mendampingi bacaan Al Quran anak tersebut dan membenarkan bacaan yang kurang tepat.

Dengan tujuan agar kelak anak benar benar bisa membaca dan benar dari segi tajwid dan makhrojul hurufnya.

Baik, itu tadi beberapa “Tips Mudah Mengajarkan Al Quran Kepada Anak” dengan metode talkin, semoga bisa untuk kita praktikan dan membuahkan hasil yang baik kepada sang anak.

Categories: Gaya Hidup